Teknik Elektro

Program Studi Elektro

Profil

Jurusan Teknik Elektro di Sekolah Tinggi Sains & Teknologi Indonesia didirikan pada tahun 1986, dan terdaftar pada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada tanggal 23 Juni 1987 dengan SK No.0433/0/1987.

Seiring dengan perkembangan kebutuhan dan kemajuan zaman, maka saat ini Jurusan Teknik Elektro memiliki 2 konsentrasi keahlian yaitu:

  1. Sistem Kendali
  2. Teknik Komputer.

Kedua konsentrasi tersebut berlangsung selama 8 semester dengan total minimal kredit 144 SKS.

Berdasarkan matakuliah yang ada di jurusan atau program studi teknik elektro, maka Teknik Elektro mempunyai 3 kelompok keahlian/keilmuan yaitu:

(1) Kelompok Keahlian Elektronika
(2) Kelompok Keahlian Sistem Kendali
(3) Kelompok Keahlian Teknik Komputer.

Sejak Tahun 1986 sampai sekarang tahun 2018, Jurusan Teknik telah berganti Ketua Jurusan sebanyak 8 kali.

Visi & Misi

VISI

Menjadi Program Studi Teknik Elektro yang unggul dan mampu bersaing dibidang Sistem Kendali, Teknik Komputer dan Teknik Biomedik serta berperan aktif dalam pembangunan bangsa melalui proses pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat pada tahun 2025

MISI

  1. Berperan aktif dalam memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui proses pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat terkait bidang ilmu teknik elektro secara khusus dan rumpun besar ilmu teknik, secara terarah, terencana, dan berkesinambungan.
  2. Menghasilkan lulusan yang menjadi sumber daya manusia yang memiliki kemampuan analisis dan kompetensi di bidang Sistem Kendali, Teknik Komputer dan Teknik Biomedik dengan karakter profesional, technopreneurship, bermoral, mempunyai daya saing tinggi dan mampu mengembangkan, meningkatkan, serta menerapkan IPTEK bagi kepentingan masyarakat luas.
  3. Menghasilkan publikasi ilmiah pada level nasional dan internasional.